Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Jenis Butter dan Manfaatnya dalam Pembuatan Kue

Aneka Jenis Butter dan Manfaatnya dalam Pembuatan Kue

Hobi membuat kue sedang banyak digandrungi generasi milineal. Apalagi semenjak mudahnya mengakses resep-resep kue terbaru dari media sosial dan platform seperti Cookpad. Tapi sembari mengeksekusi resep, alangkah baiknya untuk mempelajari tentang fungsi dan kegunaan masing-masing bahan kue, salah satunya butter.

Di dalam bahasa Indonesia, istilah “butter” itu merujuk kepada mentega. Namun sayangnya masih banyak orang yang salah sangka, mengira mentega sama dengan margarin. Padahal keduanya memiliki kandungan, rasa dan fungsi berbeda.

Perbedaan mentega dengan margarin yang paling mendasar adalah bahan bakunya. Di mana mentega atau butter ini dibuat dari lemak hewani, sedangkan margarin dari lemak nabati. Keduanya sama-sama baik sebagai pengemulsi. Namun secara aroma, mentega dinilai memberikan efek yang lebih harum pada kue.

Jenis-Jenis Butter

Mengetahui jenis butter itu sangat penting karena akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari proses baking dan cooking. Sebelum membeli mentega untuk bikin kue, sebaiknya kenali dulu mengenai varian-variannya,.

Tapi tenang saja, biasanya di dalam suatu resep kue yang diramu secara profesional, cenderung langsung diberi keterangan mengenai jenis mentega apa yang dipakai. Berikut adalah beberapa varian mentega yang baiknya diketahui:

1. Salted

Ini adalah jenis mentega yang memiliki rasa asin. Cocok dipakai sebagai olesan maupun campuran membuat cake. Hati-hati dalam penggunaan garam jika ingin menambahkan salted butter ke dalam adonan.

2. Unsalted

Beda dari salted, mentega yang unsalted ini justru memiliki rasa yang plain. Biasanya dipakai untuk campuran dengan margarin yang sudah asin. Tekstur unsalted mentega lebih berasa liat karena bahan bakunya yang bisa mencapai 80% dari lemak susu.

3. Cultured

Ini adalah jenis mentega khusus yang proses pembuatannya mirip dengan keju. Fermentasinya membutuhkan bakteri khusus yang membuat citarasa dan warnanya begitu mewah. Kandungan lemaknya sangat tinggi, cocok untuk membuat tart dan pastry.

4. Light

Sesuai dengan namanya, jenis mentega light butter ini memiliki tampilan warna yang jernih karena kandungan airnya yang tinggi mencapai kurang lebih 25%. Jenis light mentega ini cocok untuk membuat kue-kue kering. Namun tidak cocok untuk membuat base cake.

5. European

Mentega Eropa, inilah julukan bagi mentega yang sangat istimewa ini. Ia dibuat dalam kurun waktu paling lama dibandingkan jenis mentega lainnya. Kandungan lemak susunya di atas 80%. Cocok untuk membuat puff pastry maupun danish pastry.

6. Whipped

Inilah jenis mentega yang lebih dikenal dengan nama butter cream. Memiliki tekstur yang agak encer dan rasa yang manis. Warnanya beragam, mulai dari putih hingga agak kekuningan. Whipped mentega juga kadang dijadikan campuran minuman es kopi, meski rasa dan teksturnya tak seenak whipped cream karena terlalu liat dan lengket di lidah.

Manfaat Mentega dalam Pembuatan Kue

Secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa manfaat mentega dalam pembuatan kue itu paling utama sebagai pengemulsi. Selain itu juga sebagai:
  • Memberikan sensasi empuk pada kue dan roti
  • Menjadikan kue dan roti jadi harum yang khas
  • Membuat rasa jadi gurih
  • Mencegah kue dan roti bantat
  • Mengolesi permukaan roti maupun kue
  • Merupakan bahan utama pembuatan kue dan roti yang tidak bisa dihilangkan, kecuali bila ada lemak alternatif seperti minyak cair
Penggunaan butter sebaiknya jumlahnya sesuai dengan resep karena masing-masing resep kue takarannya berbeda. Proporsi antara jumlah mentega dan margarinnya juga mesti seimbang.

Jika tidak mau repot dengan takaran resepnya, bisa langsung membeli produk yang sudah praktis, seperti Royal Palmia maupun Blue Band Cake & Cookie. Kedua merek ini memang sudah memadukan unsur mentega dan margarin dalam satu kemasan.

Dari beragam uraian di atas, tentunya akan sangat membantu meningkatkan pemahaman akan manfaat dan varian butter. Untuk mendapatkan hasil kue yang lembut, wangi dan lezat, sebaiknya memakai mentega dan margarin secara bersamaan.